blog

Ingin Menonton Film Kolosal Terbaik Sepanjang Sejarah? Ini Dia Listnya

Bicara mengenai film. Yang pastinya sebagian banyak orang sangat menyukai kegiatan menonton film/ Selain bisa dilakukan bersama keluarga kita juga bisa menonton film bersama pacar. Banyak orang yang memilih menghabiskan waktu luannya untuk menonton film.

Nah dari sekian banyak genre film. Salah satu genre yang akan mimin bahas di artikel kali ini adalah film kolosal. Beberapa film kolosal yang sudah mimin rangkum ini bisa membuat hari liburmu gak garing lagi lho. Kira-kira film kolosal apa saja ya ?

1. Star Wars Double Trilogy

George Lucas adalah salah satu sineas Hollywood yang memiliki karya monumental pada double trilogy Star Wars, yang terdiri dari 6 film, yaitu: “Star Wars” (1977), “The Empire Strikes Back” (1980), “Return of the Jedi” (1983), “The Phantom Menace” (1999), “Attack of the Clones” (2002), dan “Revenge of the Sith” (2005). Ide cerita ini dibuat sendiri oleh George Lucas mengambil filosofi dan agama untuk bahan ceritanya. Bersetting di luar angkasa dengan makhluk-makhluk fiktif dari berbagai galaksi di sudut-sudut langit yang maha luas. Trilogi pertama dibintangi oleh Harrison Ford, Mark Hamill dan Carrie Fisher, sedangkan trilogi kedua dibintangi oleh Hayden Christensen dan Natalie Portman. Untuk mengetahui ceritanya secara runut, tonton dulu trilogi kedua kemudian trilogi pertama. Kabarnya, trilogi ketiga siap diproduksi.

Film ini menjadi pop culture di seluruh dunia sehingga kemudian merambah ke dalam berbagai media, seperti komik, mainan, buku-buku, serial televisi dan game. Uniknya, semua media itu memiliki cerita yang berbeda dengan setting film tetapi masih terkait sehingga menciptakan dunia Star Wars yang meluas. Meski tidak sering masuk nominasi Academy Awards, tetapi film-film ini sukses secara komersial. Walau trilogi kedua banyak menuai kritikan, tetapi tidak mengurangi kedahsyatan film-film ini bagi fans setianya, juga fans terbarunya.

2. Gone With The Wind

“Gone with the Wind” produksi 1939 adalah salah satu film yang dianggap mengawali genre kolosal ini. Produksi film yang berhasil meraih Best Picture di ajang Academy Awards ini banyak menemui hambatan dan memakan proses pra-produksi selama 2 tahun. Proses yang lama tersebut bertujuan untuk mendapatkan Clark Gable sebagai pemeran utama dan audisi 1.400 wanita untuk memerankan sosok Scarlett O’Hara yang akhirnya diperankan oleh Vivien Leigh yang langsung membawa pulang Oscar sebagai Best Actress. Bercerita tentang kisah romantis dan perjuangan hidup di tengah American Civil War, film ini akhirnya memakan durasi hampir 4 jam karena panjangnya cerita yang diadaptasi dari buku pemenang Pulitzer karya Margaret Mitchell. Di film ini ada salah satu adegan dimana banyak orang yang dirawat di tengah lapangan sebagai korban perang. Untuk ukuran era itu, membuat adegan tersebut tidaklah mudah, karena belum ada special effects untuk memperbanyak atau memanipulasi gambar.

3. Braveheart

Sebelum Gladiator merajai panggung Oscar, “Braveheart” adalah raja film kolosal era 1990an, tepatnya produksi 1995. Film yang dibintangi oleh Mel Gibson sebagai tokoh perang terkenal dari Skotlandia, William Wallace, mampu membawa pulang 5 Oscar termasuk Best Picture dan Best Director untuk Randall Wallace. Yang membuat film ini bagus adalah visualisasi pertempuran yang dahsyat dengan berbagai strategi perang yang tidak konvensional ala Wallace yang menjadi ikon perjuangan bangsa Skotlandia terhadap pendudukan Inggris di masa itu. Meski pada akhirnya dia ditangkap dan dihukum mati, tetapi semangat juangnya tetap ada di dada setiap orang Skotlandia hingga kini.

4. Trilogi The Lord Of The Rings

Jika menyebut film kolosal pasti tidak akan lepas dari 3 film kolosal fantasi terbaik karya Peter Jackson yang merupakan adaptasi 3 buku karya J.R.R. Tolkien. Dimulai dari “The Fellowship of the Ring” (2001), “The Two Towers” (2002) dan “The Return of the King” (2003). Dianggap sebagai proyek paling ambisius karena memakan bujet sampai 281 juta dollar dan diproduksi selama 8 tahun, sehingga hampir membuat perusahaan New Line Cinema bangkrut. Tetapi hasil peredaran di seluruh dunia mencapai keuntungan berlipat-lipat hingga hampir mencapai 3 milyar dollar. Semua elemen-elemen yang dibutuhkan dalam sebuah film kolosal fantasi petualangan tergambar dengan baik di film yang dibintangi oleh Elijah Wood, Viggo Mortensen dan banyak bintang lainnya.

Special effects yang dibuat oleh WETA Workshop membuat banyak penonton tercengang dengan kedetilannya. Ketiga film ini banyak meraih penghargaan dari berbagai ajang festival film dunia, terutama untuk “The Return of the King” yang berhasil membawa pulang Oscar untuk semua kategori yang dinominasikan, termasuk Best Picture. Sebuah pencapaian yang luar biasa yang membuktikan kualitas film yang wajib ditonton berkali-kali oleh moviegoers ini. Kemudian jangan lupa untuk menonton prekuelnya, yaitu trilogi The Hobbit.

5. Spartacus

Kirk Douglas adalah salah satu aktor paling berpengaruh di Hollywood era 1950-1960an. Lewat “Spartacus” produksi 1960 ini, dia tidak hanya bertindak sebagai pemeran utama, tetapi juga memilih sutradara visioner Stanley Kubrick untuk membesut film ini dan berhasil mempengaruhi Presiden John F. Kennedy untuk mencabut pencekalan terhadap penulis naskah dan penulis novelnya. Filmnya sendiri bercerita tentang pemberontakan yang dipimpin oleh Spartacus dalam melawan kesewenang-wenangan oknum Kerajaan Romawi yang memfitnahnya. Meski film ini tidak berwarna, tetapi setiap adegan terasa hidup berkat kerja kamera yang apik dan kekuatan akting para pemerannya.

Itulah beberapa film kolosal terbaik sepanjang sejarah. Jadi apabila ada diantara kalian yang ingin menonton film tersebut, kalian dapat kok memilih salah satu diantaranya yang sudah saya terapkan diatas. Semoga ini dapat membuat kalian puas dalam bernonton.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top